- Diposting oleh : SMA NEGERI 10 PANGKEP
- pada tanggal : Juni 11, 2025
Labakkang, 11 Juni 2025 — Suasana Aula SMAN 10 Pangkep tampak semarak pada Rabu pagi ini saat murid-murid mengikuti pelatihan ekstrakurikuler Pandu Digital yang dirancang untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan mereka dalam bidang digital.
Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala SMAN 10 Pangkep, Imran, S.Pd., M.M., yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu. Serta apresiasi untuk murid-murid atas antusiasme mengikuti kegiatan. Kepala sekolah menekankan pentingnya kegiatan seperti ini dalam mendukung pengembangan potensi murid di era digital. Ia berharap ekskul Pandu Digital dapat menjadi ruang kreativitas yang terus tumbuh dan memberi manfaat nyata bagi warga sekolah.
Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri, yakni Muh. Maulana Arif, S.Pd.I.,Gr. dari SMAN 14 Gowa yang memiliki pengalaman segudang terkait ekstrakurikuler ini, serta Jerwin, S.Pd.,Gr. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 10 Pangkep. Pelatihan ini menjadi salah satu bentuk upaya penguatan kompetensi peserta ekskul Pandu Digital yang masih terbilang baru dirintis di SMAN 10 Pangkep sejak setahun terakhir.
Dalam sesi pertama, Muh. Maulana Arif memperkenalkan secara menyeluruh mengenai ekskul Pandu Digital. Ia menjelaskan sejarah, tujuan, serta peran penting ekskul ini dalam mengembangkan karakter dan keterampilan digital murid. “Pandu Digital bukan sekadar ekskul, tetapi wadah pembinaan generasi muda agar mampu menjadi manusia cakap teknologi dan berjiwa sosial,” ungkapnya dalam pemaparannya.
Sesi dilanjutkan oleh Jerwin, S.Pd., yang membawakan materi bertema “Branding. Dalam pengantarnya, ia menekankan pentingnya elemen warna dalam membentuk identitas visual yang kuat. “Warna bukan hanya soal estetika, tetapi juga cara kita menyampaikan pesan dan membangun citra diri atau lembaga terutama dalam bersosial media dimasa kini” jelasnya.
Peserta pelatihan kemudian diajak mengenal lebih jauh platform Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis daring yang populer dan mudah digunakan. Tidak hanya mendengarkan teori, murid juga langsung mempraktikkan membuat karya desain digital menggunakan Canva.
Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang solid dalam membangun identitas dan eksistensi ekskul Pandu Digital di SMAN 10 Pangkep. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen kolaborasi antar sekolah dalam pengembangan ekskul yang berbasis literasi digital dan kepemimpinan murid.